10 Penyebab kerusakan komputer

Fatal error: the system has become unstable or is busy,” tampil pesan: “Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications.”

jika anda pemakai Microsoft Windows, anda pasti sudah hapal dengan layar biru dan pesan tersebut. Kalau tampil error seperti ini, apa yang perlu diketahui? ini para biang keroknya:

1. Konflik hardware (rebutan IRQ)

2. RAM jelek

3. Setting BIOS

4. Harddisk drive

5. Fatal OE exceptions dan VXD error

6. Virus

7. Printer

8. Software

9. Overheating / kepanasan

10. Masalah Power supply

295 responses to “10 Penyebab kerusakan komputer

  1. it’s a cool article. Now I know what da heck is goin’ on exactly in my computer..!!!

  2. Ka’ saya da masalah sama komputer di rumah,,kenapa sering ngehang truz klo bwt dipake main game berat sering restart.
    klo sekarang ni lagi rusak tidak bisa masuk ke BIOS sama Windows???
    ditunggu yah jawabannya!!!

  3. Mas Benny S:
    Kalo komputer sering ngehang ketika ngegame atau biasanya karena procesor kepanasan, mungkin kipasnya udah gak proporsional lagi untuk dipakai, jadi ganti aja. Procesor kepanasan juga karena di overclocking. Kalo mas gak pernah merasa meng-overclock mungkin sama penjualnya dari awal sudah di overclock biar procesornya disangka kecepatannya tinggi sama konsumen. untuk mengetahuinya bisa dilihat langsung di fisik procesornya dan bandingkan dengan yang tertampil di Bios.

    Kalo untuk masalah kedua, gejalanya sangat umum, sebab penyebabnya bisa banyak: coba cek mulai dari power supply, kabel, RAM dan VGA (keduanya biasanya ditantai dengan bunyi beep), atau malah procesornya udah kena.
    tips perbaikan: lebih baik meulai dengan mengecek hal-hal yang sepele yang mungkin terjadi, seperti kabel terbalik, atau belum terpasang, kemudian berlanjut ke pengecekan yang berat-berat, seperti bongkar pasang hardware.

  4. apabila kompeter error pas dinyalain ga sa lowding malah muncul tulisan opration sistem no respon itu kerusakan pada apanya

  5. Mas Nurson:
    Yang saya tau, masalah utamanya biasanya ada di harddisk, yakni file systemnya mengalami kerusakan pada FBR / MBR, First Boot Record / Master Boot Record. agak susah memperbaiki ini. Coba restart komputer, ketika memasuki akhir BIOS tekan F8, akan muncul menu start Windows XP. Pilih menu Save Mode dengan tombol panah atas bawah dan tekan Enter untuk eksekusinya. Kalo udah masuk, buka Run, ketik \WINDOWS\system32\Restore\rstrui.exe –> enter. Restore komputer pada kondisi sebelumnya.
    Kalo gak bisa, berarti koputer harus diinstal ulang.

  6. halloo
    thank telah mau menjawab pertanyaan saya
    saya punya komputer, mengalami kerusakan yaitu virus n belum dapat anti virusnya.
    dan ingin format hardis dengan menggunakan CD Windows XP/bootlbe tapi tidak berhasi. gmanatu ?
    thaks againt

  7. Ismandianto:
    Yg tdak berhasil apanya? Klo masalahnya [CDROM]-nya tidak terdeteksi pada saat booting, coba cari di layar pada saat awal booting, apakah di layar dicantumkan info tombol yang harus ditekan untuk masuk [Boot Menu], mungkin tekan [F2] atw [F4] atw [F8] atau tombol lainnya tergantung dari merk BIOSnya. kalo memang tdk ada, tekan tombol [Delete / Del] ketika awal booting, untuk masuk ke BIOS cari menu ini: [Advance BIOS Features] –> [First boot device : CDROM], kalo di [First boot device]-nya belum terisi [CDROM], maka harus diganti dengan [CDROM], bisa jadi masih terisi [Hard Disk] atw [Floppy] atw yg lainnya. Tujuannya jelas supaya BIOS mendeteksi [CDROM] sebelum mendeteksi external memory yang lainnya.

    Jika masih bermasalah, kemungkinan [CDROM Drive]-nya bermasalah, seperti kasus kemarin yang saya alami, [CDROM Drive] merk Samsung yang keliatan masih baru ternyata tdk bisa mendeteksi bootable [CDROM], coba ganti yg lain dulu.
    Demikian semoga membantu.

  8. trimaksi telah memberi ilmu kapada saya.
    n saya berharap kedepan saya bisa berkomunikasi terus dengan anda karena saya yakin banyak permsalahan komputer yang saya hadapi.

    kasus lain yang saya temukan dikomputer adek saya adalah susuah masuk ke windows dan apabila telah masuk shut down tidak bisa (hanya dengan mematikan power) karena hardisk hanya 4 GB, pentium 3, RAM 128 dan mengunakan windows XP.
    pertanyaanya?
    kalau saya ganti hardisknya menjadi lebih besar seperti 20 atau lainnya, apakah bisa komputer digunakan dengan cepat ?

    sebenarnya apakah motherbaot berpengaruh terhadap kecepatan komputer atau yang lainnya?
    thanks

  9. pak bagmna cara menginslatl sofware komputer (windows XP) dengan baik?
    Dimana mendapatkan CD Driver komputer karena hilang atau tidak ada?
    bagimana mencek kerusakan komputer?
    trimaksi sebelumnya

    • saran saya kl cd driver komputerx hilang/ rusak yaitu dengan cara download sebuat software EVEREST UNLIMITEDuntuk mencari driver komputer, setelah itu software tersebut instal pada komputer yg hilang driverx..?

  10. lanjut…:
    Bisa, kalo hardisk yang 4 GB dah penuh, coz xp butuh space beberapa ratus MB untuk bikin Virtual Memory. XP ga bisa shutdown karena Power Supply nggak support lagi dengan XP, kalo nggak XP perlu program Patch dari Microsoftnya.

    Fitri:
    instal XP dengan baik, ikuti petunjuknya. tips: lebih baik pilih Clean Install (format ulang + Instal ulang) dengan file system NTFS untuk keamanan data, dan menghapus penyakit lama yang tersisa.
    Download di http://www.driverguide.com, tapi perlu registrasi (gratis) dan klik produk2 mitra dr driverguide tsb. jangan lupa beri comment tentang driver yang didownload.
    prinsip dasar mencek kerusakan komputer adalah: Membandingkan keadaan normal dengan keadaan rusaknya. jadi mutlak harus tau keadaan normalnya..

  11. Intel Centrino 750 – 1866MHz ( 2MB L2 Cache , FSB 533MHz , SONOMA Processor ) , 256MB DDR2 , HDD 40GB , 14,1″ tft XGA 1024×768 , Graphics Intel GMA 900 , DVD-CDRW COMBO Drive Internal , Mouse Double : Stick Pointer & Touchpad , Modem 56k , Gigabit LAN 1000Mbps , S-Video TV Out , USB Port 2bh Ver 2.0 , Parallel Port , RGB Port , 2bh PCMCIA Card Bus 32bit , InfraRed Port , Wireless LAN Intel PRO 2200BG 802.11bg 54Mbps Built in , IBM ThinkLight (lampu kecil diatas LCD) , Battery Lithium Ion , Adaptor Charger , Tas
    saya mau tahu secara spesifik maksud dan apasaja jenis-jenis spesifikasi yang diatas?
    thaks

  12. salam kenal….
    saya memiliki banyak masalah tentang komputer, salah satunya pada saat menaikkan resolusinya komputer saya jadi blank…..
    tapi pas menghidupkan pertama masih bisa muncul gambar, tapi pada saat komputer siap digunakan layarnya blank…
    mohon bantuannya, terimakasi

  13. Tekan F8 ketika diakhir BIOS sebelum masuk windows, dari situ akan muncul menu windows. Pilih [Enable VGA Mode]. Windows akan memilihkan resolusi terbaik yang sesuai dengan kondisi monitor. Nanti setelah masuk, ganti resolusinya lebih rendah, dan jangan langsung klik tombol [OK] tapi [apply] aja. klo gambar tiba2 kacau, langsung aja tekan tombol [Esc]. Lebih baik monitornya ganti klo pengen resolusinya bermanfaat.

  14. ka’ saya ada masalah dengan komputer saya nih.pada saat saya mau login komputernya malahan ngehang.gimana solusinya nih biar saya bisa memperbaiki komputer saya sendiri.
    mohon di balas.makasi yach…..

  15. kak,saya mau nanya nih,komputer saya gi ada masalah nih…pas menscen anti virus tuh dah sparoh lansung heng gitu itu gimana cara mengatasinya..?

  16. mas saya punya maaslah pada dua PC saya masalahnya saat saya tekan tombol power cpu lampu indikator nyala terus ga ada bunyi beeb tapi monitar ga ada tampilan sama sekali note VGA onboard

  17. bantuin dunk.klo komp.tampilan nya safe mode gmana sih biar normal kembali.trus klo ada file yang g sengaja kehapus sementara file itu musti ada untuk ngejalanin sistem operasinya gimana cara nginstalnya?apa harus instal ulang?bisa g g insatal ulang tp instal sebagian aja?thanks

  18. hAi ka’ saya mau tanya! gini kalo hardisk g dibaca di bios itu gmn?

  19. tlg donk yang pny ilmu ttng komputer bantuin. kmptrku tuh cpunya bisa nyala kyk biasanya klo login yg keluar bunyi(wis kyk gak ada mslah) tapi maslhnya tuh monitor dinyalain nggak bisa(lampu mntrnya aja nggak hdp).Pas stavolt(cpu mati) nyala dr monitor tuh keluarkyk suara brisik(pln).trus besoknya tiba-tiba monitor nyala sendiri pdhl cpu mati, trus mati trus nyala sendri n keluar suara cts cts gitu. trus ya tak cabut kabel listriknya tkt ada apa-apa. tlg donk bantuin…thanks banyak1

  20. tambahan
    apa ada kemungkinan vganya rsk atau apa?emang gjl vga rsk tuh apa?

Berikan Balasan

