SISTEM OPERASI

1. Sejarah

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam empat generasi:

a. Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

b. Generasi Kedua (1955-1965)

Pada generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu tugas yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, kecuali beberapa fungsi sistem operasi, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

c. Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus (multiuser) dan multiprogramming (melayani banyak program sekaligus).

d. Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer, dilengkapi dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis.

2. Fitur-fitur SistemOperasi

a. Eksekusi Program

Sistem operasi berfungsi sebagai interface antara aplikasi dan hardware. User berinteraksi dengan hardware melalui “sisi lain”. Sistem operasi berfungsi untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi. Eksekusi program melibatkan proses yang diciptakan sistem operasi. Kernel menciptakan proses dengan menugaskan memori dan sumber daya yang lain, menentukan prioritas dari suatu proses (dalam sistem multitasking), memuat program dalam memori dan mengeksekusi program. Program tersebut kemudian berinteraksi dengan user dan atau divais dan melakukan fungsi yang diinginkan.

b. Interupsi

interupsi adalah pusat sistem operasi, yang menyediakan cara efisien bagi sistem operasi untuk berinteraksi dan bereaksi terhadap lingkungannya. Pemrograman berbasis interupsi secara langsung didukung hampir seluruh CPU modern. interupsi menyediakan cara otomatis menyimpan isi register local dan menjalankan kode khusus sebagai respon terhadap sebuah kejadian. Bahkan komputer yang paling dasar sekalipun mendukung interupsi hardware dan membolehkan pemrogram untuk menentukan kode yang akan di jalankan ketika terjadi sebuah kejadian.

Ketika sebuah interupsi diterima, hardware komputer secara otomatis menunda program apapun yang sedang dijalankan, menyimpan statusnya dan menjalankan kode komputer yang berhubungan dengan interrupsi yang terjadi sebelumnya. Dalam sistem operasi modern, interupsi ditangani oleh kernel sistem operasi. Interupsi bisa datang dari hardware komputer atau program yang sedang jalan.

c. Mode terproteksi dan supervisor

CPU modern mendukung operasi dual mode, yaitu: mode terproteksi dan mode supervisor, yang memungkinkan fungsi-fungsi CPU dikendalikan dan dipengaruhi hanya oleh kernel sistem operasi. Ketika komputer pertama kali mulai, secara otomatis berjalan di atas mode supervisor. Ketika sistem operasi mengendalikan program lain, CPU ditempatkan pada mode terproteksi. Dalam mode terproteksi ini, program punya akses terbatas pada instruksi CPU. User bisa meninggalkan mode ini hanya dengan memicu interupsi, yang menyebabkan kendali kembali kepada kernel.

d. Manajemen memori

Sebuah kernel sistem operasi multiprogramming bertanggung jawab untuk mengatur semua sistem memori yang sedang digunakan oleh program-program. Hal ini untuk memastikan bahwa program tidak mencampuri memori yang sedang digunakan oleh program lain. Ketika program melakukan pembagian waktu (time sharing), setiap program harus mempunyai akses independen terhadap memori.

Memori virtual

Menggunakan pengalamatan memori virtual maksudnya adalah kernel bisa memilih memori program mana yang bisa digunakan selama waktu tertentu, yang membolehkan siste operasi untuk menggunakan lokasi memori yang sama untuk tugas yang banyak.

e. Multitasking

Multitasking adalah sistem operasi menjalankan banyak program komputer yang independen pada komputer yang sama, seolah-olah terlihat menjalankan berbagai tugas dalam waktu yang sama. Hampir semua komputer dapat menjalankan satu atau dua hal pada waktu yang sama, ini secara umum dilakukan melalui time sharing, yaitu setiap program menggunakan pembagian waktu komputer untuk mengeksekusi program.

f. Disk access dan sistem file

Mengakses data yang disimpan pada disk adalah fitur pusat dari semua sistem operasi. Computer menyimpan data pada disk menggunakan file-file, yang disusun dengan cara khusus supaya memungkinkan akses cepat, reliabilitas yang tinggi dan untuk menggunakan space drive yang tersedia secara lebih baik. Cara khusus yang digunakan untuk menyimpan file pada disk, membolehkan file untuk dinamai dan diberi atribut disebut sistem file.

g. Driver-driver divais

Sebuah driver divais adalah tipe khusus software komputer yang dibuat agar sistem operasi bisa berinteraksi dengan divais-divais hardware.

h. Networking

Sekarang sebagian besar sistem operasi mendukung berbagai macam protokol, hardware dan aplikasi networking. Hal ini bertujuan agar komputer yang menggunakan sistem operasi yang berbeda dapat berpartisipasi dalam jaringan umum untuk berbagi sumber daya seperti file, printer dan scanner menggunakan koneksi kabel atau wireless.

i. Keamanan

Keamanan komputer bergantung pada sejumlah teknologi yang bekerja secara tepat. Sebuah sistem operasi modern menyediakan akses ke sejumlah sumberdaya, yang tersedia untuk software yang berjalan di atas sistem tersebut dan untuk divais luar seperti jaringan melalui kernel.

j. Sistem File dalam Sistem Operasi Modern

  • Linux

Distribusi Linux mendukung sistem file berikut: ext2, ext3, ext4, ReiserFS, Reiser4, JFS , XFS , GFS, GFS2, OCFS, OCFS2, and NILFS

  • Mac OS X

Mac OS X mendukung sistem file HFS+ with journaling

  • Microsoft Windows

Microsoft Windows mendukung sistem file NTFS dan FAT (termasuk FAT16 dan FAT32)

  • Solaris

Sistem operasi Solaris menggunakan UFS.

  • Sistem file penggunaan khusus

File sistem FAT umumnya digunakan pada floppy disk, flash memory, camera digital, dan divais portable lain. ISO 9660 dan Universal Disk Format umumnya digunakan pada Compact Disk dan DVD. Mount Rainier adalah bentuk baru dari UDF.

  • Sistem file terjurnal

Jurnal berfungsi untuk menyediakan recovery yang aman ketika terjadi crash.

k. Graphical user interfaces

Kebanyakan sistem komputer modern mendukung Graphical User Interface (GUI) atau antar muka grafis. Sistem operasi populer semacam Microsoft Windows dan Mac OS, mengyatukan GUI kedalam kernel, walaupun secara teknis GUI bukanlah layanan dari sistem operasi.

3. Contoh-contoh Sistem Operasi

Ada beberapa contoh sistem operasi yang sekarang banyak beredar:

  • Sistem operasi GNU/Linux dan Unix-like
  • Mac OS X
  • Microsoft Windows (OS)
  • Google Chrome OS
  • Plan 9
  • Sistem operasi Real-time

Daftar Pustaka

Sistem Operasi , Bahan Kuliah IKI-20230 . Gabungan Kelompok Kerja 21–28 IKI-20230 Semester Genap 2002/2003 . $Revision: 1.3.0.0 $ Edisi . Diterbitkan 30 September 2003

http://en.wikipedia.org/wiki/Operating_system

Pengantar Sistem Operasi Komputer: Jilid Kedua . oleh Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR) . Diterbitkan $Date: 2008-02-04 12:24:06 $ . Revisi 4.53 04-Februari-2008 RMS46 . http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s