Tips Membuka Folder Kerja dari Shortcut Windows Explorer

 Bikin shortcut ExplorerMenamai Shortcut

Ketika kita membuka explorer kadang folder kerja yang ditampilkan bukan folder yang sedang kita pakai atau sering kita gunakan. Misalnya folder kerja kita ada di D:\Data, akan tetapi ketika kita membuka explorer yang terbuka malah My Documents, sehingga kita harus klik beberapa kali untuk sampai pada folder kerja kita.
Untuk itu ada cara cepat untuk merubah setting agar setiap kali kita buka shortcut Explorer supaya langsung ke folder kerja kita:

  1. Bikin shortcut pada desktop, caranya: Klik kanan pada desktop –> Pilih New –> Pilih Shortcut –> Muncul jendela Create Shortcut –> KetikExplorer” (tanpa tanda petik) padaType the location of the item:” –> Klik tombol Next –> Ketik Nama Shortcut yang dibuat, misalnya: “Folderku” pada Type a name for this shortcut:” –> Klik tombol Finish –> Muncul shortcut Explorer dengan nama “Folderku”.
  2. Klik kanan pada shortcut Folderku –> Pilih Properties –> Pilih Tab Shortcut –> Tambahkan script ini: “/root,/n,/e,D:\Data” dibelakang script “%windir%\explorer.exe” pada Target: (misalnya: %windir%\explorer.exe /root,/n,/e,D:\Data. “D:\Data” bisa dirubah sesuai dengan letak path folder yang akan dipakai) –> Klik OK.
  3. Sekarang coba buka shortcut Folderku. Yah Explorer langsung terbuka dan langsung menuju Folder D:\Data (atau apapun alamat / path folder yang diberikan).
  4. Urutan /root , /n dan /e ini bisa dirubah-rubah, tapi menurut percobaan yang telah dilakukan, yang tercepat dalam membuka explorer adalah urutannya: /root,/n,/e seperti pada contoh di atas. Selain itu masing-masing parameter itu punya kegunaan tersendiri, untuk mengetahuinya silahkan saja pakai satu-satu, misalnya: %windir%\explorer.exe /root,D:\Data dst.

Selamat mencoba!

3 Comments Add yours

  1. ismandianto mengatakan:

    saya punya peroblem dengan komputer dirimah:
    1. masuk windows sangat susah perlu beberapa waktu?
    2. RAM 128, HRD 20, Seed 1800MGH, pentium 4 asus. apa yang salah. kadang mengeluarkan perintah memory error, i/o tidak konek?
    3. dari kapasitas hardis masih banyak yang kosong. hardis saya bagi menjadi 2 partisi.
    terimakasi atas bantuannya.

  2. dewi gustina mengatakan:

    tolong jabarkan semua tentang shortcut.

  3. bajirul mengatakan:

    ismandianto:
    coba, cek (bongkar pasang) atau ganti memory RAMnya. klo gak cek kabel harddisknya. Awas hati-hati bongkar pasang memory, jika terbalik bisa terbakar dan pastikan komputer udah dimatikan.

    dewi gustina:
    Shortcut computer adalah file kecil yang berisi lokasi dari sebuah file lain, dan kadang mengandung parameter khusus yang akan dieksekusi ketika dijalankan. file shortcut berekstensi .lnk, biasanya tersembunyi, kecuali “Hide extensions for known file types” pada windows Explorer tidak dicheck.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s