Vyatta, OSS (Open Source Software) Router Handal

Bagi rekan-rekan yang gemar dengan networking, pasti tidak asing dengan dengan yang namanya router. Untuk lembaga yang memang tidak mampu membeli router yang berharga “sangat lumayan”, ada alternatif beberapa pc router os (operating system): IPCop, Vyatta, pfsense, dll.

Diantara os-os tersebut, salah satunya yang akan dibahas adalah Vyatta. Dengan berbasiskan CLI (command line interface) / console dan bisa konfigure secara remote dengan menggunakan web base atau ssh, Vyatta menjadi mudah diadministrasi dan ringan (bisa berjalan di atas pentium 1, kecuali rekan-rekan mengaktifkan Web Caching dan atau URL filtering).

Fitur-fitur vyatta antara lain: Router, Firewall, VPN (Virtual Private Network), SSL VPN, Intrusion prevention, DHCP, Network Address Translation (NAT), URL Filtering, Web Caching dan Network Virtualization.

Dengan hanya bermodal pc tua dan 2 buah ethernet, sudah bisa menjadi gateway internet untuk sharing internet ke beberapa pc lainnya.

Contoh sederhana konfigurasinya:
1. memeberikan alamat ip 192.168.0.200/24 kepada ethernet eth0:
vyatta@vyatta# set interface ethernet eth0 address 192.168.0.200/24 ==> enter

2. menerapkan hasil dari perintah tersebut:
vyatta@vyatta# commit ==> enter

3. menyimpan hasil itu ke dalam file configurasi:
vyatta@vyatta# save ==> enter

4. melihat hasil perintah configurasi:
vyatta@vyatta# show ==> enter

5. atau lebih spesifik kepada konfigurasi interface ethernet tersebut:
vyatta@vyatta# show interfaces ==> enter

Sekilas perintahnya mirip dengan Cisco karena memang Vyatta ini ditujukan untuk menggantikan Cisco IOS 1800 through ASR 1000[1] series Integrated Services Routers (ISR) dan ASA 5500 security appliances, dengan menitik beratkan pada biaya dan fleksibilitas yang melekat pada open source, sistem berbasis Linux dan berjalan di atas hardware x86, dan lingkungan virtual seperti Xen atau VMware.

Tips sederhana:
Vyatta mempunyai fitur auto completion, yaitu dengan menekan tombol Tab di keyboard, maka akan muncul beberapa kemungkinan command yang tersedia atau melengkapi command yang belum selesai diketik, jadi kita tidak perlu menghapal apa saja perintah-perintahnya, tapi hanya perlu tahu apa guna suatu command. Kemudian jika tombol Tab ditekan 2 kali maka akan muncul kemungkinan command yang tersedia ditambah dengan deskripsinya masing-masing command.

Referensi:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Vyatta
2. http://id.wikipedia.org/wiki/
3. http://www.vyatta.com/

Daftar Istilah (Dari Wikipedia):
– OSS: Perangkat lunak sumber terbuka (Inggris: open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan.
– Router: Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
– OS: Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
– CLI: A command-line interface (CLI) is a mechanism for interacting with a computer operating system or software by typing commands to perform specific tasks. This text-only interface contrasts with the use of a mouse pointer with a graphical user interface (GUI) to click on options, or menus on a text user interface (TUI) to select options.
– Console: The system console, root console or simply console is the text entry and display device for system administration messages, particularly those from the BIOS or boot loader, the kernel, from the init system and from the system logger. It is a physical device consisting of a keyboard and a screen.
– Web Base (Web Application): is an application that is accessed via a web browser over a network such as the Internet or an intranet.
– SSH: Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan.
– Web Caching: Web caching is the caching of web documents (e.g., HTML pages, images) to reduce bandwidth usage, server load, and perceived lag. A web cache stores copies of documents passing through it; subsequent requests may be satisfied from the cache if certain conditions are met.
– URL Filtering: Salah satu metode untuk menyaring konten dari internet dengan menggunakan URL.
– Firewall: Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.
– VPN: VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.
– Intrusion Detection: Intrusion Detection System (disingkat IDS) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan. IDS dapat melakukan inspeksi terhadap lalu lintas inbound dan outbound dalam sebuah sistem atau jaringan, melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan intrusi (penyusupan).
– DHCP: DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
– NAT: Network Address Translation atau yang lebih biasa disebut dengan NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
– Network Virtualization: Network Virtualization is the process of combining hardware and software network resources and network functionality into a single, software-based administrative entity, a virtual network. Network virtualization involves platform virtualization, often combined with resource virtualization.
– Ethernet: Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
– Gateway: Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
– Cisco: Cisco Systems Inc. NASDAQ: CSCO SEHK: 4333 merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984.
– Xen: In computing, Xen (pronounced /ˈzɛn/) is a virtual-machine monitor for x86, x86-64, Itanium and PowerPC 970 architectures. It allows several guest operating systems to execute on the same computer hardware concurrently. The University of Cambridge Computer Laboratory developed the first versions of Xen; as of 2010 the Xen community develops and maintains Xen as free software, licensed under the GNU General Public License (GPL2).
– VMware: Salah satu jenis perangkat lunat virtualisasi yang dibuat oleh VMware, Inc, US. yang merupakan pemegang pangsa pasar untuk perangkat lunak virtualisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s