Menghapus Malware Hotbar “Sexiest Video Ever”

Beberapa hari ini ada temen-temanku mengirimkan / menulis di wall facebookku tentang suatu link video candid yang judulnya: “Candid Camera Prank [HQ]” dan mengatakan “this is without doubt the sexiest video ever!😛😛😛 ”. Post ini disertai dengan gambar (video) pantat wanita sexy, yang tentu saja bisa bikin nafsu tergoda….

Jika link ini diklik, maka user Facebook akan diminta untuk memberikan izin kepada pemilik video untuk mengakses informasi publik, mengirimkan tulisan di wall, dan mengakses data user sewaktu-waktu. biasanya akses link video apappun tidak perlu meminta izin segala kayak gini.

Jika izin diberikan maka user diminta untuk menginstal VLC, karena FLV player udah out-of-date / kadaluarsa, padahal ini hanya instalasi tipuan untuk menginstall adware (program generator iklan) atau bahkan malware(malicious software) berbentuk Hotbar.

Untuk membuat hal ini semakin buruk, semua daftar friend dikirimi link ini, dan hal ini berulang ketika user melakukan klik untuk melihat video… Haha, jadi ketahuan deh yang suka nonton gituan!! klo kirim link sekali dia baru ‘niat’ ngeliat tuh video, klo kirim link dua kali berarti dia udah ‘liat’ video sekali, klo kirim link tiga kali atau lebih, berarti ‘maruk’ nontonnya….

Bagi rekan-rekan facebooker jika melihat video “Sexiest Video Ever” di wall-nya, jangan klik link yang ada, apalagi memberikan izin aplikasi facebook untuk diinstal.

Bagi rekan-rekan yang terlanjur menginstal hotbar, berbagai antivirus bisa menghapusnya, jadi scan dengan antivirus yang up-to-date. Hotbar ini bisa menambahkan entry di Add Remove Program yang memungkinkan untuk diuninstall. Password Facebook jangan lupa diganti, dan pastikan bahwa aplikasi sialan ini tidak lagi mendapatkan izin pada Application Settings di Facebook, walupun aplikasi ini sudah dihapus.

Sumber: http://www.mydigitallife.info/

One Comment Add yours

  1. A.J.I mengatakan:

    postingannya sangat informatif bro,…Thanks

    Bandwidth Telkomsel Unlimited

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s