MULTIMEDIA DALAM MASA PENCARIAN

Maraknya berbagai perkembangan multimedia Indonesia dewasa ini dipenuhi dengan berbagai macam kondisi yang positif dan negatif. Perkembangan ini ini sejalan dengan makin meningkatnya kecanggihan teknologi multimedia dan harga yang semakin murah.

Banyaknya beredar video-video mesum adalah sebagian dari ekses negatif multimedia. Akan tetapi tidak sedikit juga dampak positif dari perkembangan multimedia antara lain peralatan pembelajaran yang semakin canggih, karya-karya seni multimedia, presentasi multimedia dan lain sebagainya.

Perkembangan ini menjadikan saling tarik-ulur antara kutub dampak positif dan negatif. Multimedia menjadi suatu alat yang sifatnya netral, perkembangannya tidak dapat dijadikan kambing hitam dari dampak negatif yang terjadi dan perkembangannya pula tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan terjadinya dampak positif karena dampak positif ini memerlukan usaha yang besar dari sumber daya manusia dan yang lainnya.

Kecenderungan tarik ulur ini di masa mendatang akan menemukan titik kestabilan apakah akan mengarah ke kutub dampak positif, atau mengarah ke kutub negatif atau bahkan berada stabil di tengah-tengah, artinya kedua dampak tetap kuat berkembang di tengah-tengah masyarakat kita.

Tentunya kita sebagai masyarakat yang beragama, bermoral dan bermartabat, tentunya akan memilih jalan yang terbaik, yakni kutub dampak positif. Dalam hal ini peran pemerintah sangatlah besar. Pemerintah perlu menciptakan regulasi yang tepat, tegas dan jelas yang mengatur permasalah multimedia ini agar perkembangan ke depannya bisa menempati kutub dampak positif dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan berbagai macam budaya luhur, kekayaan alam yang melimpah dan berbagai kelebihan lainnya, tentu saja ini adalah modal besar bangsa Indonesia untuk mengembangkan konten-konten multimedia yang berbasiskan ke-Indonesia-an. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia punya “warna” di peta dunia. Bangsa Indonesia memantabkan jati diri bangsa dengan budaya lokal melalui konten multimedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s