Langkah-langkah Menemukan Objek Alamat dari Wikimapia

WikiMapia adalah sebuah sumber daya peta daring yang mengkombinasikan antara Google Maps dengan sistem wiki, memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi (dalam bentuk catatan) pada lokasi manapun di bumi. Dibuat oleh Alexandre Koriakine dan Evgeniy Saveliev, proyek ini diluncurkan pada tanggal 24 Mei 2006, dengan tujuan “mendeskripsikan seluruh planet bumi”.(http://id.wikipedia.org/wiki/WikiMapia)

Image

1. Buka situs: wikimapia.org
2. Ketik di kotak pencarian nama alamat.

Catatan: penulisan alamat dimulai dari yang skup terkecil menuju ke skup terbesar. misalnya alamat ini: perumahan bukit asri blok d1 no 56, perumahan tersebut ada di jl. tole iskandar kelurahan sukamaju, kecamatan cilodong, kota depok.
dari contoh tersebut kita mulai dengan nama perumahan, kalau tidak ketemu kita cari menggunakan nama jalan, selanjutnya nama kelurahan, kecamatan dan terakhir kota, yang terakhir ini skupnya sebenarnya sudah terlalu luas.

3. Setelah muncul hasil pencarian, klik salah satu link yang kira-kira paling cocok. lalu wikimapia akan secara otomatis menuju alamat yang diklik tersebut.

Catatan: di wikimapia terdapat beberapa menu tipe peta (map type), untuk menampilkan foto satelit dengan layer jalanan yang mempunyai nama, klik menu: [map type]->[google hybrid], lalu muncul foto satelit dengan layer jalan dengan nama-nama jalannya. kelemahan google hybrid yaitu tidak memunculkan deskripsi-deskripsi dari user yang menandai lokasi-lokasi tertentu. deskripsi ini sangat berguna meski terkadang ada yang iseng. kelemahan selanjutnya yaitu google sering menggambar jalan yang sebenarnya jalan itu tidak ada, kemungkinan ini adalah hasil rekayasa dari program pengenalan jalan.
kemudian tipe peta yang lain yaitu Satellite, kepunyaan wikimapia. di sini user terdaftar bebas menambahkan dan menandai lokasi tertentu. oleh karenanya jalan-jalan yang digambar lebih nyata keadaannya. tapi sayangnya nama-nama jalan tidak ada sehingga jika kita ingin mengetahui atau melacak lokasi kita butuh Google Hybrid dan Satellite (Wikimapia).

4. Jika tidak ditemukan dalam tampilan tersebut, silahkan ikuti jalan dari alamat tersebut dari ujung ke ujung.

Catatan: dalam pencarian menggunakan gambar satelit, penting bagi kita untuk mengetahui pola atau gambaran jalanan, gedung-gedung atau bangunan tertentu, dan yang tidak kalah penting nama-nama daerah, jalan, atau lokasi tertentu yang terkadang sudah ditandai oleh orang lain.

5. Kalau sampai di sini tidak ketemu juga, kemungkinan memang wilayahnya memang masih buram, atau usernya yang tidak bisa baca peta atau foto satelit secara banar.
6. Selamat mencoba

Image
http://wikimapia.org/#lat=-6.4165194&lon=106.8614146&z=17&l=0&m=b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s